KLINIK AL-QURAN 24 JAM (Tahsin, Tahfizh, dan Murojaah)

  KLINIK AL-QURAN 24 JAM (Tahsin, Tahfizh, dan Murojaah) Ingin belajar Al-Qur’an, Tahfizh dan Muroja’ah tapi masih terkendala waktu? Kini Masjid An-Nahl membuka Klinik Qur’an & Tahfizh Muroja’ah 24 jam. Program ini sangat direkomedasikan untuk masyarakat yang ingin belajar Al-Qur’an, Tahfizh, maupun Muroja’ah. Dibimbing oleh : Muhafizh & Muhafizah 30 Juz. SAVE THE DATE Setiap … Continue reading “KLINIK AL-QURAN 24 JAM (Tahsin, Tahfizh, dan Murojaah)”

MENSILATURRAHIMKAN HAFALAN AL-QURAN

MENSILATURRAHIMKAN HAFALAN AL-QURAN Oleh: @deden_mm   Sering kali hafalan Al-Quran para santri banyak menanggung beban hidup yang berat setelah tak lagi berada di pesantren. Setelah jauh dari kiyai dan setelah berpisah dengan sahabat-sahabat murojaahnya. Bayangkan santri yang dari kecil tumbuh di zona aman tahfizh dan habitat Al-Quran lalu kini setelah menjadi alumni harus bertarung di … Continue reading “MENSILATURRAHIMKAN HAFALAN AL-QURAN”

MUDIK DALAM AL-QUR’AN (Tafsir Surah Al-Qashash Ayat 85)

MUDIK DALAM AL-QUR’AN (Tafsir Surah Al-Qashash Ayat 85) Oleh: @deden_mm Banyak hal terjadi Syawal ini. Kalaulah terjadi pada masa Nabi tentu sudah banyak ayat yang turun menjawabnya. Murajaah saya kali ini “tersangkut” di surah Al-Qashash ayat 85. Seakan-akan baru turun menjawab masalah mudik lebaran. Padahal turun di Juhfah, sebuah daerah antara Mekah dan Madinah, dalam … Continue reading “MUDIK DALAM AL-QUR’AN (Tafsir Surah Al-Qashash Ayat 85)”

TAK SEKADAR SERIBU BULAN (Tafsir Surah al-Qadr Ayat 3 Bagian 1)

TAK SEKADAR SERIBU BULAN (Tafsir Surah al-Qadr Ayat 3 Bagian 1) Oleh: @deden_mm لَيلَةُ القَدْرِ خَيرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan. Ayat ini menjelaskan bagian terpenting dari sifat Lailatul Qadr yang tidak terjangkau pengetahuan dalam kalimat wa adraka (مَا أَدْرَاكَ). Yaitu kenyataan Lailatul Qadr yang lebih baik dari seribu bulan. … Continue reading “TAK SEKADAR SERIBU BULAN (Tafsir Surah al-Qadr Ayat 3 Bagian 1)”

MENGINTIP DATANGNYA LAILATUL QADR (Tafsir Surah al-Qadr Ayat 2 Bagian 2)

MENGINTIP DATANGNYA LAILATUL QADR (Tafsir Surah al-Qadr Ayat 2 Bagian 2) Oleh: @deden_mm Memahami lebih jauh kata “adra (أَدْرٰى)” dalam ayat “wa ma adraka ma lailatul qadr (وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيلَةُ القَدْرِ).” Berasal dari kata dara (دَرٰى). Artinya ‘alima (عَلِمَ). Yaitu mengetahui (ilmu). Kata “dara (دَرٰى)” juga berarti faham. Termasuk memahmi ilmu yang diketahuinya. Orang … Continue reading “MENGINTIP DATANGNYA LAILATUL QADR (Tafsir Surah al-Qadr Ayat 2 Bagian 2)”