KAMBING YANG YATIM

KAMBING YANG YATIM Oleh: @deden_mm Kekejaman Firaun terhadap Bani Israil makin menjadi-jadi. Telah berlalu sepuluh tahun Nabi Musa berdoa kepada Allah meminta Firaun dibinasakan. Tapi, Allah tak kunjung merealisasikan ijabahnya.Nabi Musa, dalam munajatnya, bertanya kepada Allah Swt.: “Ya Rabb, Engkau telah berjanji, dan janji Engkau itu benar. Bahwa, Engkau akan binasakan Firaun. Tapi, setelah sepuluh … Continue reading “KAMBING YANG YATIM”

PENDAPAT IBNU HAJAR AL-HAITAMI (w. 973 H.) TENTANG SHALAT QADHA DI JUMAT TERAKHIR BULAN RAMADHAN

PENDAPAT IBNU HAJAR AL-HAITAMI (w. 973 H.) TENTANG SHALAT QADHA DI JUMAT TERAKHIR BULAN RAMADHAN Oleh: @deden_mm Menjelang Jumat terakhir bulan Ramadhan bersuliweran brodcesan di grup-grup WA tentang anjuran mengqadha shalat lima waktu di Jumat terakhir bulan Ramadhan untuk mengkifarati shalat-shalat yang terlewatkan di tahun-tahun ke belakang, bahkan sampai 70 tahun. Ini sangat meresahkan saya … Continue reading “PENDAPAT IBNU HAJAR AL-HAITAMI (w. 973 H.) TENTANG SHALAT QADHA DI JUMAT TERAKHIR BULAN RAMADHAN”

BERSAMA 500 PENGHAFAL AL-QURAN INDONESIA MUROJAAH GELAR TARAWIH 5 JUZ DALAM SETIAP MALAMNYA

Memasuki hari ke-8 Ramadhan, saatnya semakin memaksimalkan hati dan jiwa dalam beribadah di bulan yang penuh kemuliaan ini. Termasuk para penghafal Al-Quran, semangat mereka untuk menghafal ataupun memurojaah hafalannya sangat tinggi. Indonesia Murojaah telah menghadirkan program Tarawih Murojaah pada Ramadhan 1440 H kali ini. Tarawih Murojaah adalah program tarawih bagi penghafal Al-Quran 30 juz. Tarawih … Continue reading “BERSAMA 500 PENGHAFAL AL-QURAN INDONESIA MUROJAAH GELAR TARAWIH 5 JUZ DALAM SETIAP MALAMNYA”

PORSI TIDURNYA PARA ULAMA (DI BULAN RAMADHAN)

PORSI TIDURNYA PARA ULAMA (DI BULAN RAMADHAN) Oleh: @deden_mm Setiap selepas shalat Isya, Umar bin Khaththab meminta diletakan bejana air di sampingnya agar kalau tertidur tangannya jatuh ke air lalu segera mengusap wajahnya untuk kembali shalat. Dan, jika tertidur lagi, maka terus saja begitu sampai shubuh. Imam Abu Hanifah (w. 150 H.) tidak tidur sepanjang … Continue reading “PORSI TIDURNYA PARA ULAMA (DI BULAN RAMADHAN)”

CURANG SETITIK RUSAK PEMILU SEBELANGA

Oleh: @deden_mm Rasulullah Saw bersama para sahabat dalam perjalanan pulang dari Khaibar. Tiba-tiba sebuah anak panah melesat dari arah yang tidak disangka dan mengenai seorang budak yang bersama beliau. Sang budak meninggal dunia akibat serangan anak panah nyasar itu. Para sahabat spontan mengomentarinya syahid dan masuk surga. Tapi, Rasulullah Saw berkata dengan nada tinggi: “Demi … Continue reading “CURANG SETITIK RUSAK PEMILU SEBELANGA”