ULAMA-ULAMA STEMPEL

ULAMA-ULAMA STEMPEL Oleh: @deden_mm Ada yang bertanya kepada seorang Ajengan (gelar Kiyai di tatar Sunda): “Ajengan, manakah ulama yang sebenarnya. Saya ingin melihatnya.” Benar-benar pertanyaan yang sangat sulit dijawab oleh kiyai. Karena siapapun tidak bisa mengaku ulama juga tidak bisa mengklaim orang lain ulama mengingat hakikat keulamaan yang sangat pribadi. Ajengan menjawab: “Seseorang itu akan … Continue reading “ULAMA-ULAMA STEMPEL”

Membelah Fajar Peradaban

MEMBELAH FAJAR PERADABAN (Tafsir Surah al-Falaq Ayat 1) Oleh: Deden Muhammad Makhyaruddin قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَق Katakan, aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh. Dalam mushhaf Al-Qur’an yang bersanad ke ulama Kufah, setiap surat diawali dengan basmalah kecuali surah al-Taubah. Tentunya termasuk surah al-Falaq ini. Imam Ibrahim al-Biqâ‘i (w. 885 H.), dalam tafsir Nazhm al-Durar, … Continue reading “Membelah Fajar Peradaban”

Di Balik Dada Manusia

  DI BALIK DADA MANUSIA Tafsir Surah al-Nâs Ayat 5 Oleh: Deden Muhammad Makhyaruddin Yang berbisik kedalam dada manusia Surah al-Nâs ayat 5 ini menjelaskan aktivitas al-waswâs al-khannâs yang tak pernah mati. Yaitu yuwawisu (يُوَسْوِسُ), berbisik. Yang dimaksud berbisik adalah menghembuskan tipuan halus dan tampak indah sehingga yang ditipu tidak merasa tertipu. Bisikan itu langsung … Continue reading “Di Balik Dada Manusia”

Kejahatan Yang Tersembunyi

  KEJAHATAN YANG TERSEMBUNYI (Tafsir Surah al-Nâs Ayat 4) Oleh: Deden Muhammad Makhyaruddin Dari kejahatan bisikan yang bersembunyi Inti tema surah al-Nâs, sebagaimana telah penulis bahas pada pendahuluan tafsir surah al-Nâs ini, adalah meminta perlindungan kepada Allah. Disebut isti‘âdzah. Rangkaiannya ada empat. Pertama al-musta‘idz. Yaitu yang meminta perlindungan. Kedua al-musta‘adz bih. Yaitu yang dipinta perlindungannya. … Continue reading “Kejahatan Yang Tersembunyi”

Sudah Karena Allah Kah Jihad Kita?

SUDAH KARENA ALLAH KAH JIHAD KITA? Oleh: Deden Muhammad Makhyaruddin Semenjak kasus penodaan Agama bergulir, kosakata jihad banyak diteriakkan. Tentu yang dimaksud adalah jihad yang sebenarnya dengan berbagai macam cara. Termasuk turun ke jalan melakukan aksi bela Agama bersama segala resiko yang dihadapi. Bahkan mereka merindukan syahid. Sungguh merupakan pemandangan yang menakjubkan ketika jutaan muslimin … Continue reading “Sudah Karena Allah Kah Jihad Kita?”