Gambar Uang Masa Rasulullah SAW

GAMBAR UANG MASA RASULULLAH SAW
Oleh: Deden Muhammad Makhyaruddin

 

1. Logo BI yang terlihat mempunyai lengkung seperti palu dan arit pada uang cetakan terbaru ramai diperbincangkan. Saya terdorong menulis tentang uang yang dipergunakan pada masa Rasulullah Saw.
 
2. Alat tukar pada masa Rasulullah Saw adalah koin yang terbuat dari logam mulia berupa emas yang disebut Dinar dan dari perak yang disebut Dirham.
 
3. Koin tersebut dikeluarkan oleh kekaisaran Romawi dan Persia sebagai kerajaan yang paling berkuasa saat itu. Sehingga memuat gambar-gambar dewa dan kaisar-kaisar mereka.
 
4. Salah satu koin emas masa Nabi yang ditemukan menampilkan gambar Heraklius dan kedua anaknya serta simbol-simbol Agama Nasrani pada salah satu muka kepingnya dan menampilkan Salib Agung beserta ornemen-ornamennya pada muka sebelahnya.
 
5. Dalam Al-Qur’an ditemukan satu kali kosakata Dinar. Yaitu pada surah Ali Imran ayat 75. Tak sedikit pun di dalamnya keterangan yang mempersoalkan gambar dan simbol-simbol syirik padanya. Demikian pula Rasulullah Saw tak mempermasalahkannya padahal terlarang dalam Islam.
 
6. Pada masa Umar bin Khaththab (w. 21 H.), umat Islam baru bisa mencetak koin sendiri, tapi disennya masih merujuk kepada koin Rimawi dan Persia. Tidak ada simbol-simbol Islam di dalamnya.
 
7. Lalu pada tahun 74 Hijrah, khalifah Abdul Malik bin Marwan mencetka koin yang menampilkan simbol Islam. Yaitu la ilaha illallaah muhammadur rasulullah.
 
8. Menampilkan lafazh Allah dan nama Muhammad dalam koin menjadi pembahasan serius para ulama. Khawatir kesakralan lafazh Allah dan nama Muhammad ternodai.
 
9. Karena coin tersebut akan di pegang oleh semua orang, muslim dan non muslim, orang jahat dan orang baik. Ada yang menggunakannnya dalam kebaikan dan ada yang menggunakannya dalam maksiat. Juga akan dibawa kemana-mana. Termasuk kemungkinan besar akan dibawa ke kamar mandi dan dibawa buang air, atau jatuh tempat najis.
 
10. Demikian. Wallaahu A’lam…
 
Oleh. KH, DEDEN MUHAMMAD MAHYARUDDIN
Sadeng 22 Januari 2017
(Visited 164 times, 1 visits today)
Bagikan