MERAWAT KEMENANGAN RAMADHAN Tausiah Hari Raya (THR)

MERAWAT KEMENANGAN RAMADHAN
Tausiah Hari Raya (THR)

Hari Raya Idul Fitri disebut Hari Kemenangan karena syariat bertakbir pada saat kedatangannya. Yaitu, setelah sempurna hari-hari puasa dengan terbenamnya matahari terakhir Ramadhan sebagaimana dalam surah al-Baqarah ayat 185.

Dalam Al-Quran, kosakata yang menyimpan makan kemenangan adalah:

1. Al-Fauz (الفَوزُ), makna asalnya menang
2. Al-Zhafr (الظَّفْرُ), makna asalnya meraih
3. Al-Falah (الفَلَاحُ), makna asalanya keberuntungan
4. Al-Qahr (القَهْرُ), makna asalnya menguasai
5. Al-Ghalabah (الغَلَبَةُ), makna asalnya mengalahkan
6. Al-Sabq (السَّبْقُ), makna asalnya mendahului
7. Al-Fathu (الفَتْحُ), makna asalnya membuka atau membebaskan
8. Al-Nashr (النَّصْرُ), makna asalnya pertolongan

Kemenangan hari raya Idul Fitri adalah seperti kemenangan pasca perang. Maka, dari 8 kata yang berarti kemenangan di atas, kata al-nashr, al-ghalabah, dan al-fath, menjadi tepat untuk kemenangan hari raya Idul Fitri.

Al-Fath adalah penaklukan yang dimulai dengan mengalahkan (al-ghalabah) yang disebabkan adanya pertolongan Allah (al-nashr).

Saat pulang dari perang Uhud, orang-orang munafiq menilai Rasulullah Saw dan para sahabat telah dikalahkan yang dapat sebabkan sebagian mukminin goyah. Lalu, surah Ali Imran ayat 160 menyatakan:

إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللّٰهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ
Jika kamu ditolong oleh Allah maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu, dan jika kamu dihinakan oleh-Nya makan tidak ada yang akan dapat melonongmu selain-Nya.

Hanya dengan pertolongan Allah, di Ramadhan ini, seseorang dapat mengalahkan hawa nafsunya sehingga dapat menjalani puasa dan rangkaian ibadah Ramadhan lainnya sampai selesai dan menang, merdeka (fath).

Di ujung ayat 160 dari surah Ali Imran di atas dinyatakan bahwa yang akan mendatangkan pertolongan Allah adalah keimanan yang mantap dan tawakkal yang total. Lalu, dalam surah al-Baqarah ayat 249, bahwa pasukan yang kecil dapat mengalahkan pasukan yang besar dengan idzin jika mereka bersabar.

Rasulullah Saw dan para sahabat tak pernah sedikit pun iman mereka surut, atau tawakkal mereka menurun, atau sabar mereka kurang, maka, sebenarnya, mereka di perang Uhud itu tidaklah dikalahkan.

Dalam surah al-Fath ayat 1 dan 2, kemenangan, pembebasan, dan penaklukan yang diberikan kepada Rasulullah Saw adalah ketika Allah berikan ampunan kepada beliau atas dosa-dosa yang telah lalu dan yang akan datang, menyempurnakan nikmat, membemberikan hidayah, dan memberikan perolongan yang kuat.

Dan, semua itu diberikan kepada orang-orang yang puasa dan seluruh rangkaian ibadah Ramadhannya diterima oleh Allah. Maka, orang yang berhariraya Idul Fitri dengan gema takbir yang menyertai kedatangannya telah diberikan al-fath oleh Allah.

Setiap kemerdekaan atau kemenangan tidaklah menjadi kemenangan yang seutuhnya jika tidak dapat dipertahankan. Maka, sudah semestinya, Idul Fitri bukanlah hanya sekadar perayaan kemenangan, melainkan lebih dari itu, dia harus dirayakan dengan aktivitas yang dapat merawat kemenangan itu.

Tujuan dari ibadah puasa sebagaimana dalam penutup surah al-Baqarah ayat 183 adalah la’allakum tattaqun yang diterjemahkan “agar kamu bertakwa.” Takwa tak lain adalah “keterpeliharaan” dari perbuatan-perbuatan maksiat. Dialah yang merawat amal-amal shalih tetap lestari. Maka, Idul Fitri adalah hari perayaan takwa itu, bahwa siap merawat kemenangan itu.

Surah al-Nashr yang terdiri dari tiga ayat adalah tentang bagaimana caranya merawat kemenangan (al-nashr dan al-fath), yaitu memperbanyak bertasbih dan memperbanyak beristighfar.

Umar bin Abdul Aziz menulis surah ke berbagai kota di wilayah-wilayah kekhalifahannya yang luas. Isinya memerintahkan agar menutup bulan Ramadhan dengan sedekah (fithrah) dan istighfar, karena sedekah akan mensucikan yang puasa dari perbuatan yang melalaikan atau perilaku yang tidak pantas, sedang istighfar akan menambal setiap robek yang ada dari Ramadhan.

Deden M. Makhyaruddin

(Visited 17 times, 1 visits today)