FIQIH IMAM ‘ATHÂ’ BIN ABÎ RABÁH (w. 114 H.) LANDASAN SAHNYA SHALAT BERJAMAAH ONLINE FROM HOME?

FIQIH IMAM ‘ATHÂ’ BIN ABÎ RABÁH (w. 114 H.) LANDASAN SAHNYA SHALAT BERJAMAAH ONLINE FROM HOME? Oleh: @deden_mm Di antara syarat sah shalat berjamaah yang dilakukan dari atau di luar masjid adalah jarak antara imam dengan makmum atau shaf-shaf makmum tidak jauh dan tidak ada penghalang. Jika jauh atau ada penghalang meski jaraknya dekat maka … Continue reading “FIQIH IMAM ‘ATHÂ’ BIN ABÎ RABÁH (w. 114 H.) LANDASAN SAHNYA SHALAT BERJAMAAH ONLINE FROM HOME?”

MADZHAB-MADZHAB ULAMA TENTANG JUMLAH ORANG UNTUK SHALAT JUM’AT

MADZHAB-MADZHAB ULAMA TENTANG JUMLAH ORANG UNTUK SHALAT JUM’AT Oleh: @deden_mm Kewajiban shalat Jumat terdapat di dalam Al-Quran surah al-Jumu’ah ayat 9. Tapi, tidak dijelaskan di dalamnya berapa jumlah minimal orang yang sah mengerjakannya. Maka, para ulama pun berbeda pendapat. 1. Minimal 40 Orang Ini madzhab Syafi’i, Ubaidillah bin Abdullah bin ‘Utbah, Ahmad, Ishaq bin Rahawaih, … Continue reading “MADZHAB-MADZHAB ULAMA TENTANG JUMLAH ORANG UNTUK SHALAT JUM’AT”

FIQIH FORMASI SHAF SHALAT BERJARAK DARURAT COVID-19

FIQIH FORMASI SHAF SHALAT BERJARAK DARURAT COVID-19 Oleh: @deden_mm Terlihat foto beberapa masjid yang menyelenggarakan shalat berjamaah dengan formasi merenggangkan jarak yang lebih dari biasanya antara shaf-shaf dan merenggangkan jarak antara makmum dengan alasan menghindari penyebaran Covid-19. Tentu saja ini boleh dilakukan karena merapatkan shaf dan menyeimbangkan jarak antara shaf tidak wajib dan bukan syarat … Continue reading “FIQIH FORMASI SHAF SHALAT BERJARAK DARURAT COVID-19”

MEMAHAMI IMBAUAN JENDERAL GATOT RAMAIKAN MASJID LAWAN CORONA

MEMAHAMI IMBAUAN JENDERAL GATOT RAMAIKAN MASJID LAWAN CORONA Oleh: @deden_mm Majlis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 14 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19, yang di antara ringkasan isinya: “… Orang yang sehat dan yang belum diketahui atau diyakini tidak terpapar Covid-19 jika berada di kawasan yang potensi penularannya tinggi … Continue reading “MEMAHAMI IMBAUAN JENDERAL GATOT RAMAIKAN MASJID LAWAN CORONA”

IBADAH HAJI PERNAH LIBUR 40 KALI SEPANJANG SEJARAH

IBADAH HAJI PERNAH LIBUR 40 KALI SEPANJANG SEJARAH Oleh: @deden_mm Ibadah haji adalah ibadah yang tidak boleh libur. Demikian pula ibadah-ibadah yang wajib lainnya. Tapi, adakalanya, karena adanya ‘udzur syar’i (sebab) tertentu, ibadah haji pernah libur sampai 40 kali dalam sejarah, baik libur total maupun parsial. 1. Tahun 940 M. – 950 M. Ibadah haji … Continue reading “IBADAH HAJI PERNAH LIBUR 40 KALI SEPANJANG SEJARAH”